Happy Cat Kaoani

Rabu, 15 Juni 2016

KOTA SIDOARJO, JAWA TIMUR






Kota Sidoarjo adalah kota Adipura yang mendapat penghargaan kota yang bersih dan rapi dari pemerintah pusat. Kota sidoarjo memiliki banyak sekali kebudayan yang banyak mulai dari makanan khas sampai dengan ciri khas kota ini.


Ciri Khas Kota Sidoarjo

Kota Sidoarjo adalah kota yang terkenal dengan sebutan Kota Udang atau Kota Delta. Sejarahnya disebut sebagai kota udang, karena Kota Sidoarjo adalah salah satu penghasil Udang dan Bandeng yang cukup meluas dan kebanyakan warga sidoarjo berpenghasilan tambak dari udang dan ikan bandeng. Lalu jika disebut sebagai Kota Delta sejarahnya karena Kota Sidoarjo berada diantara dua sungai besar perpecahan dari kali Brantas, yaitu kali Mas dan kali Porong.
 
Kebudayaan-Kebudayaan di Kota Sidoarjo
  1. Bahasa
Bahasa sehari-hari yang digunakan di daerah Sidoarjo adalah campuran bahasa Jawa dan bahasa Indonesia. Bahasa jawa yang digunakan juga bermacam-macam ada yang bahasa jawa ngoko, krama inggil, dan krama alus. Banyak masyarakat yang dominan berbicara menggunakan bahasa jawa yang timbul akibat kebiasaan. Sedangkan yang menggunakan bahasa indonesia hanya beberapa orang tertentu. Misalnya masyarakat yang tinggal di daerah Sidoarjo Kota.
  1. Tradisi
  • Lelang Bandeng

Kegiatan lelang bandeng tradisional di alun-alun sidoarjo sebagai peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.









  • Nyadran


Nydran atau disebut juga Ruwatan biasanya melakukan kegiatn seperti bersih desa, ruwah desa, sedekah bumi, dll yang dilakukan pada bulan ruwah (kalender jawa)









  1. Kesenian
  • Wayang Kulit



Wayang kulit adalah kesenian indonesia yang berasal dari jawa, salah satunya di kota Sidoarjo.  Jenis wayang kulit di daerah sidoarjo sebagian besar adalah wayang kulit gaya timuran (gaya wetanan) dan sebagian kecil gaya kulonan.







  • Tari Ujung

Di daerah lain disebut Seni Tiban yang mana tarian ini dimaksudkan untuk meminta hujan. Pertunjukan tersebut dilakukan oleh dua oleh dua lelaki atau dua kelompok lelaki yang bertelanjang dada. Kadang pertunjukkan ini dimainkan diatas panggung atau lapangan terbuka.





Makanan Khas Sidoarjo
  • Lontong Kupang
Kupang merupakan termasuk golongan tiram. Makanan olahan kupang ini sangan terkenal di Sidoarjo, lontong kupang ini merupakan sajian dengan komposisi bahan berupa irisan lontong, kupang, dan lento. Lento adalah gorengan yang menyerupai perkedel dan terbuat dari singkong yang kering dan lontong kupang tersebut disiram dengan petis dan ditaburi bawang putih. Jika suka pedas bisa dicampur cabe rawit yang dihaluskan.


  • Telur Asin
Telur asin juga merupakan makanan khas di Sidoarjo dengan mengembangbiakkan peternak bebek yang akan menghasilkan telur asin. Banyak masyarakat rumahan maupun Industri telah berwirausa mejual telur asin.






  • Bandeng Asap
Bandeng asap ini merupakan makanan yang akan ada di setiap toko oleh-oleh di Sidoarjo. Bandeng asap ini merupakan komoditas utama produk perikanan di Sidoarjo yang dimatangkan dengan proses pengasapan. Bandeng ini akan dijual dalam bentuk box khusus dengan saus pendamping atau bisa langsung disantap dan tidak boleh dilewatkan saat datang ke Kota Delta ini.

  • Sate Kerang
Sate kerang yang berbahan dasar kerang yang sudah dikupas kulitnya, kecap manis, margarin, garam, dan bawang putih ditusuk dengan tusuk. Jika kalian berkunjung ke kota Sidoarjo jangan lupa untuk mencicipi lontong kupang dan sate kerang ini di kedai-kedai atau warung makan yang menyediakan makanan ini.



  • Krupuk Udang
Krupuk ini mempunyai cita rasa yang enak, gurih, renyah, dan kaya gizi dan merupakan makanan khas kota Sidoarjo yang sangat terkenal dengan rasa khasnya yaitu udang/ikannya. Produksi krupuk udang ini di Sidoarjo sangat terkenal di Nusantara baik dari berbagai macam jenis maupun cita rasa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar